Jumat, 04 September 2009

Pesan 2 Orang leluhur Urang Sunda Kepada Presiden Megawati Soekarnopoetri



HAKIKAT "MESIANISME" (KE-ALMASIH-AN) DALAM AL-QURAN & MAKNA "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" DAN "URANG SUNDA" DALAM UGA WANGSIT

PRABU SILIWANGI

Oleh

Ki Langlang Buana Kusuma


Pesan 2 Orang Leluhur "Urang Sunda" Kepada
Presiden Megawati Soekarnopoetri

Sehubungan dengan hal itu berikut ini adalah PESAN salah seorang Leluhur (Karuhun) "URANG SUNDA" – MAHARAJA NISKALA WASTU KANCANA (PRABU WANGISUTAH) – kepada PRESIDEN RI KE V, MEGAWATI SOEKARNOPUTRI:

Sampurasuun.......... [dijawab: Rampes].
Kasep incu Eyang sakabeh, punten nya Eyang ngaganggu ka haridep, wirehna ada sabaraha perkara anu peryogi ku hidep dipikanyaho. Ari Eyang geus ti kamari ngalanglang ka incu, ngan incu sigana mah keur carape........... [dijawab oleh penulis: abdi nuju puasa Ramadhan] -- nya heueuh sigana mah, katingal. [Ketika ditanya: Prabu Wangi ieu teh? Ia menjawab: Wangisutah.
Kaduana, ari Eyang ngahaja datang, heueuh.... da ka incu sahanteuna oge. Di hanteu-hanteu oge kaula mah teu tega lamun nempo incu anu inget ka karuhun teu dilanglang. Tah teu pantes kolot samodel kitu mah.
Hidep geus menang beja naon cenah?........[Penulis balik bertanya: Aya naon di Kawali teh?] Heueuh, ti mana hidep meunang beja? [Dijawab Penulis: Tina majalah, tina suratkabar].....Heueuh, geuning nyahoan hidep nya. Heueuh, tah kitu.........[Penulis bertanya: Aya kila-kila naon eta teh Eyang?].....ke heula, cicing.
Heueuh, eta teh hiji totonden, khususna ka sakumna bangsa kaula ti tatar Pasundan, yen nagara nu diancikan ieu, keur aya dina hiji kaayaan anu matak nguciwakeun. Naon sababna kitu? Kusabab ieu nagara arek dipareuncit. Getihna geus dikocorkeun. Hayangna the direreweg. huluna dipotong, buntutna dipotong, tengahna disasa-ak. Tah kitu saleresna nagara teh dikitu.
Tah jelema-jelema bu samodel kitu teh loba, di kidul loba, di kaler loba. Ngan eta jelema dina ngalaksanakeun pamaksudanana they baris menang.....naon hartina......heueuh, lawan anu kacida rongkahna. Tah eta hidep totonden anu didugikeun sakumna tatar Pasundan, supaya nyaraho yen nagara nu diarancikan ke haridep keur aya dina kaayaan bahaya.
Kumargi kitu, pek bejakeun ka......si geulis, ka si geulis, sing ati-ati dina mawa nagara..... Kade ulah poho kana.....naon hartina......nasehat karuhun. Ulah mopohokeun kana jasa-jasa karuhun.......... Jeung oge wayahna, bejakeun ka manehna, lamun ieu nagara hayang bener. Lamun hayang nagara ia beunghar deui, wahayna kituh nya, eta munding-munding, munding-munding anu balalentuk, sapi-sapi anu balalentuk teh wayahna ulah dihucuhkeun teuing dalaharna teh kituh. Naon sababna? Embe-embe, hayam-hayam teu kabagean, komo marmot mah geus teu kabagean, bejakeun. Beak eta ku si munding, ku si sapi belentuk.
Tah, lamun nagara hayang benar kituh, tah eta sapi teh kandang-kandangkeun. Asupkeun kana kandang. Ulah sakaba-kaba ngaranjah ka ditu, ngaranjah ka dieu, atuh puguh anu leutik mah teu dahar. Tah bejakeun ka manehanana. Tah ti kolot kituh mere beja. Lamun henteu kitu mah, wah cilaka nagara teh. Moal nyesa. Bakal muncul rinyuh anu kacida lobana, moal bisa di.....naon hartina.....heueuh, moal beunang dihalangan tah.
Jeung bejakeun kitu nya, bejakeun....eta patilasan kaula [di Bogor], ulah dek dikoretkeun kituh ka rakyat kaula, ulah dek dikoretkeun, ulah, boh bisi kamatakeun, heueuh.....
Sigana mah ti Eyang ngan sakitu, punten rada galak Eyang. Mangga nya moal lami. Eyang bade ngetan heula aya peryogi. Manggaa.....manggaa..... Sampurasuun.

Terjemah:

Sampurasun..... [Dijawab: Rampes].
Kasep (Jawa: Cah bagus), cucu Eyang semua, maaf ya, Eyang mengganggu kepada kalian, sehubungan ada beberapa perkara yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya Eyang dari sejak kemarin sudah datang menjenguk kepada cucu (kalian), hanya saja kalian kelihatan sedang letih [Penulis jawab: Kami sedang puasa Ramadhan], ya kelihatannya demikian, sedang letih. [Penulis bertanya: Apakah ini Prabu Wangi? Ia menjawab] Wangisutah.
Yang kedua, alasan Eyang sengaja datang, ya, namanya juga kepada cucu. Bagaimana pun juga Eyang merasa tidak tega kalau melihat cucu yang ingat kepada leluhur kemudian tidak dijenguk. Tidak pantas orangtua semacam itu.
Engkau telah mendapat khabar, apa itu? [Penulis bertanya: Ada peristiwa apa Eyang di Kawali?] Ya, dari mana engkau mendapat berita? [Dijawab: Dari majalah, dari suratkabar]....Engkau ternyata telah mengetahui. Begitulah.....[Ditanya: Ada tanda-tanda apa Eyang?] .........Sebentar, diam dulu.
Benar, itu merupakan tanda-tanda (isyarat), khususnya kepada semua bangsa Eyang di wilayah Pasundan, bahwa negara yang sedang dihuni saat ini sedang ada dalam satu keadaan yang sangat mengecewakan. Apa sebabnya begitu? Sebab negara ini akan mereka sembelih. Darahnya sudah dialirkan. Keinginan mereka [negera ini] dihancurkan. Kepalanya dipotong, ekornya dipotong, bagian tengahnya dirusak.
Begitulah sebenarnya keadaan negara kita dibuat begitu. Orang-orang yang semacam itu banyak, di selatan banyak, di utara banyak. Hanya saja orang-orang tersebut dalam melaksanakan maksudnya itu akan mendapat lawan yang sangat kuat juga. Walhasil perbuatan orang-orang tersebut akan menimbulkan suatu kerusakan (penderitaan/kerugian) yang sangat hebat kepada negara. Itulah isyarat yang disampaikan oleh semua wilayah Pasundan, supaya kalian (mereka) mengetahui bahwa negara yang sedang dihuni oleh kalian sedang ada dalam keadaan bahaya.
Oleh sebab itu, segera beritahukan kepada........ si geulis (si cantik – Presiden Megawati Soekarnoputri), harus berhati-hati dalam membawa negara.....ingat, jangan sampai lupa kepada nasihat leluhur. Jangan melupakan jasa-jasa para leluhur......Juga beritahukan kepadanya, kalau negara ini ingin benar, kalau negara ini ingin kaya-raya kembali, hendaknya kerbau-kerbau, kerbau-kerbau yang perutnya buncit (besar), sapi-sapi petutnya buncit, makannya jangan dibiarkan bebas. Apa sebabnya? Kambing-kambing, ayam-ayam tidak kebagian, apalagi marmot sudah tidak kebagian, beritahukan. Itu habis oleh si kerbau, oleh si sapi buncit!
Nah, kalau negara ingin benar, sapi tersebut harus dimasukkan ke dalam kandang semuanya. Masukkan ke dalam kandang. jangan sebebasnya menjarah ke sana, menjarah ke sini, sehingga akibatnya yang kecik tidak [kebagian] makan.
Nah, beritahukan kepadanya, bahwa dari orang tua (leluhur) memberi kabar. Kalau tidak begitu maka celaka negara ini. Tidak akan tersisa, akan muncul rayap yang sangat banyak, akibnatnya rumah (nagara) ini tidak akan dapat diselamatkan, akan runtuh nampaknya, sebab muncul rayap banyak sekali, tidak akan bisa dihalangi.
Dan beritahukan juga [kepadanya], beritahukan bahwa patilasan Eyang [yang di Bogor] jangan dikikirkan kepada rakyatku (jangan melarang rakyat yang ingin berziarah/berkunjung), jangan, supaya tidak berakibat buruk.
Dari Eyang hanya sekian, maaf Eyang agak galak. Permisi, Eyang tidak lama, Eyang akan pergi ke timur ada keperluan.... Permisi.... permisi..... Sampurasuun."

Tidak lama kemudian datang lagi leluhur lainnya, yaitu RADEN WALANGSUNGSANG -- putera PRABU SILIWANGI, cucu PRABU WANGISUTAH -- Pendiri Kesultanan Cirebon, yang lebih dikenal dengan sebutan PANGERAN CAKRABUANA.

Assalamu 'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh
Kumaha Jang, calageur? Ia Eyang nu katelah WALANGSUNGSANG. Heueuh, saha bieu Jang? [Dijawab: Eyang Wangisutah]. Karuhun urang. Naon cenah nu didugikeunana? [Dijawab: Perkawis totonden nagara]......Muhin, muhun, muhun......
Tah eta teh ngarupikeun hiji tanda, yen karuhun urang masih ngaku ka urang, sok sanajan mantenna mah, heueuh, kapan mun ceuk urang mah jalma kafir, tapi da manehana mah, heueuh, geus aya dina hiji maqomna nu baheula, geus kitu kuduna meureun.
Ku sabab naon? Ny Kawasa teu acan waktosna nempatkeun mantenna dina maqom-maqom Kanjeng Nabi Muhammad, beda sareng urang. Ari urang mah, Alhamdulillah, muji syukur ka Nu Kawasa, tah, kusababna urang mah dongkapna ka ieu dunya teh bari dipasihan, naon hartina, dipasihan taopek hidayah. sehingga urang ngangken ka Nu Kawasa, anu disebat ceuk elmu Taohid mah, ALLAH RABBUL 'IZZATI.
Saleresna mah kaula ti tatadi oge aya di dieu, ngabaturan pun Eyang. Tah, naon nu ngajadikeun tadi, pepeling ka diri urang sadaya, khususna ka nu ngageugeuh ieu nagara, kaula hayang negeskeun, yen eta pepeling teh lain ngan saukur pepeling, tapi ngarupakeun hiji peringetan. Lamun wae eta peringetan eta teh dianggap.....heueuh, naon nya....dianggap barang nu euweuh gunana, eta ngarupakeun hiji kabodoan. Kusabab karuhun mah, poma nya, heueuh, nu kasebatkeunana geus lain alamna, teu buruh nanaon, teu hayang nanaon, ngan hayang nempo incu, incu-putu aya dina kahadean, aya dina kabagjaan hirup di dunya.
Kaula ningali dina kaayaan wangkit kiwari, ieu nagara dibeneran (dibenerkeun) teh lain benar, heueuh, disapuan teh lain beresih, kalahka kotor. naon sababna kitu? Nu kahiji, anu bebenerna teh, jalma teh, nya jalma nu teu belener. hayang ngabebenae imah, hayang ngabebener tajug, cenah mah baheula mah meureun kitu, ngan eta jelema teh belegug, bodo! Bodo manehna teh. Yen meureun ceuk manehanana mah , nya, jalma bodo teu nyaho [cara] nyieun imah, teu nyaho [cara] nyieun tajug, bisa nyieun tajug cenah padahal teu kitu, da kudu ku elmuna. Geus kudu ku elmuna oge kudu ku hatena, lamun hatena hayang ngieun imah [pasti] bakal jadi imah, lamun hatena saukur hayang ngarobah-robah imah, nya [pasti] imah jadi robah, tah kitu.
YAA ALLAAH, YAA GHAFFAAR, YAA SATTAAR. Mugi Gusti ngahapunten ka anak incu abdi, mugi Gusti ngiatan kana hatena, mibener kana talajakna, mikanyaah ka bangsana. Ku sabab Eyang ningali ia jaman teh, geuning jaman mikanyaah teh ngan saukur kalangkah, dan nu sabenerna mah lain saling mikanyaah jelema teh, hayang siling (silih) reweg, hayang siling (silih) reweg wae.
Geus teu pantes sabenerna mah, geus teu pates deui jalma samodel kitu, ongkoh daek solat, jumpal-jumpalik..... dina naon nya nu kararitu teh, tah dinu kitu [tangan mediator menunjuk permadani] samak, ceuk aing baheula mah, samak. Heueuh na samak. Samak maraneh mah aralus sigana mah........ Jumpal-jumpalik dina samak, nepi ka bodol meureun samana oge nya. Turun tina samak nyokot sandal batur....., nyokot sandal batur, geus puguh sendalna (senda manehna) mah,.....dijual, tah geus ngajual teh, balikna teh nyokot beas batur geus puguh. Tah kitu jelema ayeuna mah.
Rek kumaha ia [nagara] teu rek ruksak, ku sabab jelema teh teu bisa ngajaga kana nafsu, nafsu beuteung, nafsu beuteung anu kuat, talajak teh, heueuh, disurupkeun kana beuteungna. Ari kuduna mah beuteungna teh kudu disueupkeun kana hatena supados, naon....., supados beuteung teh henteu dagawayah, henteu sakama-kama diasupan barang-barang anu teu bener. Tah kitu........
[Penulis bertanya: Manawi aya pesen (amanat) kanggo Cirebon?] Ka urang Cirebo nya. Tah di Cirebon, bejakeun kituh......dina hiji waktu mah....baris ngadeg deui, ngadeg deui nagara kaula, barus ngadeg deui nagara kaula..........
[Penulis bertanya lagi: Dupi Banten kumaha?] Pakulonan nya.... Pakulonan....ke Pakulonan....... Pakulonan mah rada hese sigana mah.....rada hese.....ke pandeuri, meureun.....nuturkeun ke Cirebon sigana mah. Heueuh sing salabar heula-anan kituh, salabar...... sabab naon? Sab geus kieu nagarana yeuh, boro-boro mikiran orang wetan jeung urang kulon, urang dieu oge yeh pada bararingung sigana mah.......
Aya naon deui Jang [nu rek ditanyakeun]?.....[Dijawab: Manawi aya pesen (amanat) kanggo abdi duaan.
Heueuh jang maraneh duaan. Heueuh, sing getol puasa nya engke dinten Kemis, dinten Kemis, eta teh sae jangan haridep........[Dijawab: Ayeuna nuju puasa Ramadhan]....... Muhun engkena, engke dinten Kemis,......Kemis, eta teh sae, pek ngawirid dinten Kemis, Senen....[Penulis menangggapi: Abdi sok ngalaksanakeun puasa Senen-Kemis] Heueuh sae teh, engke oge aya karaosna, aya karaosna, moal rugel, moal-moal........
Heueuh kitu we nya, Eyang rek wangsul. mangga.......Assalamu 'alaykum.

Terjemah:

Assalamu 'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bagaimana Jang sehat semua? Ini Eyang, yang disebut Walangsungsang. Siapa yang baru saja datang Jang? [Dijawab: Eyang Wangisutah]. Leluhur kita. Apa yang telah disampaikannya? [Dijawab: tanda-tanda tentang negara]....Benar....benar....benar....
Itu adalah merupakan satu tanda bahwa leluhur kita masih mengakui kita, walaupun dirinya, kalau menurut kita ia orang kafir, akan tetapi diri beliau itu telah ada dalam satu maqamnya yang dahulu, sudah begitu seharusnya berangkali.
Apa sebabnya? Barangkali Yang Maha Kuasa belum waktunya menempatkan dirinya dalam maqam-maqam Kanjeng Nabi Muhammad, berbeda dengan kita. Kalau kita, Alhamdulillah, memuji syukur kepada Yang Maha Kuasa, sebab datangnya kita ke dunia ini sambil diberi taufik hidayah sehingga kita beriman kepada Yang Maha Kuasa, yang menurut ilmu Tauhid disebut ALLAH RABBUL 'IZZATI.
Sebenarnya dari sejak tadi juga saya telah ada di sini menemani Eyang (kakek) saya. Nah, apa yang menjadikan tadi merupakan peringatan kepada diri kita semua, khususnya kepada yang menguasai negara ini, saya ingin menegaskan, bahwa peringatan tersebut bukan segedar merupakan peringatan biasa melainkan benar-benar merupakan satu peringatan. Kalau saja peringatan itu dianggap barang yang tidak ada gunanya, hal itu merupakan satu kebodohan.
Sebabnya, yang disebut LELUHUR itu namanya juga sudah lain lagi alamnya, tidak membutuhkan apa pun, tidak menginginkan apapun juga, melinkan hanya ingin melihat anak-cucu ada dalam kebaikan, ada dalam kebahagian hidup di dunia.
Saya melihat keadaan pada wkatu sekarang, negara ini dibetulkan bukannya menjadi betul, disapu bukannya menjadi bersih malahan menjadi kotor. Apa sebabnya demikian? Yang pertama, yang memperbaikinya adalah orang-orang yang tidak benar. Ingin membetulkan rumah, ingin membetulkan tajug (surau) – demikian barangkali dulu – hanya saja orang-orang itu tolol, bodoh! Orang itu bodoh. Barangkali menurut mereka, yaa orang bodoh yang tidak tahu cara membuat rumah, tidak tahu cara membuat tajug (surau), katanya bisa membuat tajug (surau), padahal tidak demikian, sebab harus dengan ilmunya. Selain harus dengan ilmunya juga harus dengan hatinya, kalau hatinya ingin membuat rumah bakal menjadi rumah, tetapi kalau hatinya hanya ingin sekedar mengubah-ubah rumah, yaa rumah pun menjadi berubah, begitulah...
YAA ALLAH, YA GHAFFAR, YA SATTAAR. Semoga Tuhan menaafkan anak-cucu saya, semoga Tuhan memperkuat hatinya, membetulkan perbuatannya, menyayangi bangsanya. Sebab Eyang melihat zaman ini merupakan zaman dimana kasih-sayang hanya sekedar merupakan bayangan belaka, karena yang sebenarnya manusia bukan saling menyayangi melainkan menginginkan saling jarah (rebut), menginginkan saling jarah (rebut) saja.
Sebenarnya sudah tidak pantas, sudah tidak pantas manusia semacam itu. Padahal mereka suka shalat....berjumpalitan di atas.... apa namanya yang seperti ini? Berjumpalitan di atas yang seperti ini [mediator menunjuk karpet], dulu saya menyebutnya tikar, yaa di atas tikar! Kelihatannya tikar kalian bagus..... rajin melaksanakan shalat di atas tikar, sampai-sampai tikarnya rusak. Akan tetapi begitu turun dari tikar lalu mengambil sandal milik orang lain, mengambil sandal orang lain, tentunya juga sandalnya sendiri,..... dijual, lalu setelah dijual pulangnya mengambil beras milik orang lain. Nah seperti itu keadaan orang-orang sekarang.
Oleh karena itu bagaimana negara ini tidak akan rusak, sebab manusia tidak bisa menjag nafsu, nafsu perut, nafsu perut yang kuat, kelakuan diselaraskan dengan [keinginan] perutnya. Seharusnya perutnya diselaraskan kepada hatinya supaya perut jangan sembarangan, tidak sembarangan diisi barang-barang yang tidak benar. Begitu...........
[Penulis bertanya: Barangkali ada pesan (amanat) untuk Cirebon?] Untuk orang Cirebon.... Di Cirebon, beritahukan bahwa pada suatu waktu....... bakal berdiri lagi, berdiri lagi negara saya, bakal berdiri lagi negara saya.....
[Ditanya lagi: kalau Banten bagaimana?] Pakulonan ya? Pakulonan....sebentar,.....Pakulonan nampaknya agak susah kelihatannya.....agak susah.....nanti belakangan.....mengikuti Cirebon kelihatannya. Yaa, katakan kepada mereka agar bersabar saja dulu, apa sebabnya? Sebab sudah begini keadaan negara saat ini, jangankan memikirkan orang timur dan orang barat, orang sini juga nampaknya sedang kebingungan.....
Ada [pertanyaan] apa lagi Jang? [Dijawab: barangkali ada pesan (amanat) untuk kami berdua]. Ya, untuk kalian berdua, hendaknya rajin berpuasa nanti pada hari Kamis, hari Kamis, itu sangat baik bagi kalian berdua....[Dijawab: Kami sekarang sedang berpuasa Ramadhan]. Ya nanti, har Kami nanti, ....Kamis, itu bagus, siakan melakukan wirid pada hari Kamis, Senin. [Penulis menanggapi: Saya suka melaksanakan puasa Senin-Kamis]. Yaa itu bagus, nanti juga ada yang terasa, ada yang dirasakan, tidak akan rugi, tidak, tidak.......
Nah, begitu saja, Eyang akan pulang, permisi........Assalamu 'alaykum."
Pesan kedua Leluhur "Urang Sunda" tersebut disampaikan keduanya pada malam Minggu jam 21.00, tgl. 25 November 2001, sehubungan dengan pemberitaan terjadinya angin taufan yang melanda daerah Kecamatan Kawali -- Kabupaten Ciamis, sehingga menimbulkan kerusakan pada rumah-rumah penduduk, bahkan pohon-pohon besar yang terdapat situs bersejarah Astana Gede banyak yang tumbang (Kompas, Sabtu, 24 Nov 2001).

Melarang "Nagara Pajajaran Anyar"

Akibat telah berlakunya JAMAN SATO (JAMAN KEBINATANGAN) itulah sehingga GERAKAN "REFORMASI" yang kemudian memunculkan DEMOKRASI – sebagaimana yang diinginkan oleh NEGARA-NEGARA BARAT -- telah membuat SITUASI menjadi SEMAKIN TIDAK TERKENDALI. Begitu tidak terkendalinya sampai-sampai PEMERINTAH DAERAH TK II (KABUPATEN) DAPAT "MENUTUP" (MEMBEKUKAN) KEGIATAN SEBUAH ORGANISASI KEAGAMAAN (MUSLIM) YANG KEBERADAANNYA DIAKUI OLEH DUNIA INTERNASIONAL yakni "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" atau JAMAAT AHMADIYAH.
Mengisyaratkan kepada kenyataan itulah Uga Wangsit Prabu Siliwangi sebelumnya:
56. Laju inyana NGAWUT-NGAWUT PIRANG-PIRANG DAPUR BATUR, majarkeun NEANGAN MUSUH, padahal ari inyana NYIAR-NYIAR PIMUSUHEUN, urangna masing WASPADA,
57. sabab ENGKENA ari inyana BAKAL NYARAM PAJAJARAN, HENTEU BEUNANG DIDONGENGKEUN, sabab ari inyana pisan SARIEUNEUN KANYAHOAN TEGESNA ari inyana pisan.
Terjemah:
56. Kemudian dia/mereka MEMPORAK-PORANDAKAN DAPUR-DAPUR MILIK ORANG LAIN, dengan dalih MENCARI MUSUH, padahal mereka MENCARI-CARI CALON MUSUH, kita harus WASPADA,
57. sebab nantinya mereka AKAN MELARANG [berdirinya] PAJAJARAN, TIDAK BOLEH DIKEMUKAKAN KISAHNYA, sebab mereka itu pada hakikatnya TAKUT KETAHUAN.
Ada pun makna dari "TAKUT KETAHUAN" mengisyaratkan kepada berdirinya kembali "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" (NEGARA PAJAJARAN BARU) yang DIPIMPIN oleh RATU ADIL, sehingga INSYA ALLAH di DUNIA akan BERLANGSUNG suatu PEMERINTAHAN yang PENUH KEADILAN, KESEJAHTERAAN, dan KEAMANAN.
Perubahan yang terjadi dalam kehidupan umat manusia kenal akan sedemikian rupa keadaannya, seakan-akan tercipta LANGIT BARU dan BUMI BARU (Qs.14:49-52; Qs.39:70-71), atau seakan-akan YERUSALEM YANG BARU yang turun dari SURGA (Wahyu 21:1-8), karena segala sesuatunya berbeda dengan keadaan LANGIT NAMA dan BUMI LAMA yang penuh kedurhakaan kepada Allah Ta'ala dan Rasul-Nya sebagaimana yang saat ini sedang berlangsung.

(
Bersambung).


2 komentar: