Rabu, 02 September 2009

Kerajaan-kerajaan di Jawa Barat & Uga Wangsit Prabu Siliwangi



HAKIKAT "MESIANISME" (KE-ALMASIH-AN) DALAM AL-QURAN & MAKNA "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" DAN "URANG SUNDA" DALAM
UGA WANGSIT

PRABU SILIWANGI

Oleh

Ki Langlang Buana Kusuma


BAB XIII

Kerajaan-kerajaan Di Jawa Barat &
Uga Wangsit Prabu Siliwangi

Sehubungan dengan kedatangan Rasul Akhir Zaman, sebelumnya di dalam Bab II tentang Hizbullaah Hakiki & Hubungan Kata Shaffan Dengan "Pajajaran" telah dikemukakan bahwa kepercayaan tentang kedatangan Rasul Akhir Zaman tersebut bukan hanya bersumber dari kitab-kitab agama tetapi juga hampir di semua suku-suku di Indonesia mempercayai pula hal tersebut, terutama sekali di kalangan suku Sunda di Jawa Barat, yaitu dalam Uga Wangsit Prabu Siliwangi. Ada pun Prabu Siliwangi adalah raja kerajaan Pajajaran yang pertama dan yang paling terkenal.
Sebelum bangsa-bangsa Eropa -- yakni bangsa Portugis, bangsa Belanda dan Bangsa Inggris -- datang ke wilayah kepulauan Nusantara (Indonesia), di bumi Nusantara terdapat banyak kerajaan, termasuk di Pulau Jawa. Kerajaan-kerajaan di Nusantara pada awalnya merupakan penganut agama Hindu.
Salah satu contohnya adalah raja Dewawarman, pendiri kerajaan Salakanagara yang berlokasi di wilayah Kabupaten Pandeglang, provinsi Banten. Ia berasal dari kerajaan Palawa di India, yang kemudian menikah dengan Pohaci Larasati, putri dari Aki Tirem atau Sang Aki Luhur Mulya, yang ketika itu sebagai penguasa wilayah pesisir Jawa Barat.
Ketika agama Buddha tersebar di Nusantara maka di antara raja-raja kerajaan Hindu pun ada yang memeluk agama Buddha, demikian pula setelah datang agama Islam -- yang disebarkan melalui para pedagang yang datang dari Timur Tengah melalui Gujarat di India -- banyak raja-raja yang tadinya memeluk agama Hindu atau Budha menjadi penganut agama Islam. Ada pun kedatangan agama Nashrani bersamaan dengan datangnya bangsa-bangsa Eropa, yakni Yajuj (Gog) dan Majuj (Magog).
Satu hal yang sangat unik dari bangsa Indonesia adalah, walau pun bangsa Belanda menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun, namun mayoritas penduduk Indonesia tetap memeluk agama Islam, berbeda dengan, misalnya di Filipina kebanyakan penduduknya menganut agama Nashrani. Dari kenyataan tersebut membuktikan bahwa Tauhid yang tertanam di dalam jiwa umumnya bangsa Indonesia sangat kuat.
Berikut adalah beberapa kerajaan yang pernah berdiri di wilayah Jawa Barat beserta raja-rajanya, yang membuktikan bahwa suku Sunda di Jawa Barat merupakan salah satu suku di Nusantara yang sejak lama telah mengenal peradaban dan berkebudayaan yang tinggi:
(A) Kerajaan Salakanagara
· Dewawarman I (130-168 M).
· Dewawarman II (168-195 M).
· Dewawarman III (195-238 M).
· Dewawarman IV (menantu A.3: 238-251 M).
· Dewawarman V (menantu A.4: 251-289 M).
· Dewawarman VI (289-308 M).
· Dewawarman VII (308-340 M).

(B) Kerajaan Tarumanagara
· Jayasinghawarman (menantu A.7: 358-382 M).
· Darmayawarman (382-395 M).
· Purnawarman (395-434 M).
· Wisnuwarman (434-455 M).
· Indrawarman (455-515 M).
· Candrawarman (551-535 M).
· Suryawarman (535-562 M).
· Kertawarman (561-628 M).
· Sudawarman (adik B.8: 628—639 M).
· Dewamurti (639-640 M).
· Ngajayawarman (menantu B.10: 640-666 M).
· Linggawarman (666-669 M).

(C) Kerajaan Kendan/Galuh
· Manikmaya (menantu B.7: 536-568 M).
· Suraliman Sakti (568-597 M).
· Kandiawan Dewaraja (597-612 M).
· Wretikandayun (Galuh/Karangkamulyan: 612-702 M).
· Mandiminyak (702-709 M).
· Bratasenawa (709-716 M).
· Purbasora (kemenangan C.5: 716-723 M).
· Sanjaya (putra C.6:723-732 M).
· Tamperan Barmawijaya (732-739 M).
· Manarah (Ciung Wanara/cicit C.7:739-783 M).
· Manisri (menantu C.10: 783-799 M).
· Tariwulan (799-806 M).
· Welengan (806-813 M).
· Linggabumi (813-852 M).

(D) Kerajaan Sunda Pakuan
1. Tarusbawa (menantu B.12: 669-723 M).
2. Sanjaya Harisdarma (cucu-mantu D.1 = C.8: 723-732 M).
3. Tamperan Barmawijaya (= C9: 732-739 M).
4. Rakean Banga (739-766 M).
5. Rakean Medan Prabu Hulukujang (766—783 M).
6. Rakean Ujung Kulon Prabu Gilingwesi (menantu D.5: 783-795 M).
7. Pucuk Bumi Darmeswara (menantu D.6: 795-819 M).
8. Rakeyan Wuwus Prabu Gajah Kulon (819-891 M).
9. Prabu Darmaraksa (adik ipar D.8: 891-895 M).
10. Windu Sakti Prabu Dewageng (895-913 M).
11. Rakeyan Kamuning Gading Prabu Pucuk Wesi (913-926 M).
12. Rakeyan Jayagiri Prabu Wanayasa (menantu (D.11: 916-942 M).
13. Prabu Resi Atmayadarma Hariwangsa (942-954 M).
14. Prabu Limbur Kancana (putra D.11: 954-964 M).
15. Prabu Munding Ganawirya (964-973 M).
16. Rakeyan Wulung Gadung Prabu Jayagiri (973-984 M).
17. Prabu Brajawisesa )989-1012 M).
18. Prabu Dewa Sanghyang (1012-1019 M).
19. Prabu Sanghyang Ageng (s.m. Situ Sanghyang: 1019-1030 M).
20. Prabu Detyamaharaja Sri Jayabupati (1030-1042 M).
21. Prabu Darmaraja (s.m. Winduraja: 1042-1065 M).
22. Prabu Langlangbumi (s.m. Kerta: 1065-1155 M).
23. Rakeyan Jayagiri Prabu Menakluhur (1155-1157 M).
24. Prabu Darmakusuma (s.m. Winduraja: 1157-1175 M).
25. Prabu Guru Darmasiksa (1175-1297 M).
26. Rakeyan Saunggalah Prabu Ragasuci (s.m. Taman:1297-1303 M).
27. Prabu Citraganda (s.m. Tanjung:1303-1311 M).
28. Prabu Linggadewata (s.m. Kikis: 1311-1333 M).

(F) Kerajaan Galuh/Kawali

1. Ajiguna Linggawisesa (s.m. Kiding = menantu E. 28: 1333-1340 M).
2. Prabu Ragamulya Sang Aki Kolot (1340-1350 M).
3. Maharaja Linggabuana/Prabu Wangi (s.m. Bubat: 1350-1557 M).
4. Bunisora Suradipati (Adik F.3: 1357-1371 M).
5. Niskala Wastu Kancana/Prabu Wangisutah (putra E.3: 1371-1475 M).
6. a. Dewaniskala (di Kawali: 1475-1482 M).
b. Susuktunggal/Sang Haliwungan (di Pakuan/Bogor: 1382-1482 M).

(G) Kerajaan Pajajaran

1. Jayadewata - Sri Baduga Maharaja/Prabu Siliwangi (1482-1521 M).
2. Prabu Sanghyang Surawisesa (1521-1535 M).
3. Ratu Dewatabuana (1535-1543 M).
4. Ratu Sakti (1543-1551 M).
5. Prabu Nilakendra (1551-1567 M).
6. Prabu Ragamulya Suryakencana (1567-1579 M).

Di antara raja-raja yang pernah berkuasa di wilayah Jawa Barat tersebut yang paling dikenal ada 4 orang raja, yakni:
1. Raja Purnawarman, raja kerajaan Tarumanagara, meninggalkan berbagai prasasti. Yang paling terkenal adalah prasasti telapak kaki raja Purnawarman yang terletak di Ciampea – Bogor.
2. Prabu Lingga Buana, raja kerajaan Kawali yang gugur sebagai ksatria sejati mempertahankan kehormatan kerajaan Sunda Galuh dalam Perang Bubat melawan pasukan kerajaan Majapahit pimpinan Patih Gajahmada, sehingga beliau disebut sebagai Prabu Wangi.
3. Prabu Niskala Wastu Kancana, putra bungsu Lingga Buana, yang disebut Prabu Wangisutah. Sutah artinya pengganti. Prabu Wangi Sutah g meninggalkan beberapa prasasti yang terdapat di Astana Gede, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.
4. Prabu Jayadewata atau Sri Baduga Maharaja yang lebih dikenal dengan sebutan Prabu Siliwangi, raja pertama kerajaan Pajajaran. Ia adalah cucu dari Prabu Wangi Sutah (Prabu Niskala Wastu Kencana) dari putranya yang bernama Prabu Dewa Niskala.
Kemasyhuran Prabu Siliwangi di kalangan penduduk Jawa Barat selain keadilannya dalam memerintah kerajaan Pajajaran selama 39 tahun dan pembangunan dalam berbagai bidang kehidupan -- antara lain membina kebebasan beragama di wilayah kekuasaannya, membangun parit pertahanan di sekitar istana kerajaan Pajajaran, membangun situs bukit Badigul di Rancamaya dan lain-lain -- adalah Uga Wangsit Prabu Siliwangi yang berisi nubuatan (khabar gaib) tentang perjalanan sejarah bangsa Indonesia setelah lenyapnya kerajaan Pajajaran.


Uga Wangsit Prabu Siliwangi


1. Pangapunten jisim abdi ka sadaya para wargi, hususnya para karuhun, neda hapunten ka para dewata, ka sangiang, ka dangiang, ka LULUHUR GALUH PAKUAN.
2. putra-putri PAJAJARAN, di kawit GALUH PAKUAN, dugi ka kiwari pisan nu katelah PUTRA SUNDA, mugi dijaga diriksa, dilanglangan saraosna.
3. Ti abdi saparakanca mung sakadar ngawakilan, wawakil panyambung lisan mengdugikeun WEJANGANANA TI EYANG PRABU SILIWANGI tina samemeh ngahiyang.
4. Mangga geura darangukeun, regepkeun dugi kaharti UGA WANGSIT SILIWANGI, supados jadi panggeuing ka sadaya putra-putri nyandang kawilujengan.
5. Saur EYANG PRABU pokna ka sadaya balad PAJAJARAN anu parantos malundur, sateuacanna ngahiyang:"LALAKON URANG TEH NGAN NEPI KA POE IEU PISAN UGANA.
6. SANAJAN DIA KABEHAN KA NGAING PADA SATIA, TAPI NGAING HENTEU MEUNANG MAWA PIPILUEUN NGILU HIRUP BALANGSAK, NGILU RUDIN BARI LAPAR.
7. Daria KUDU MARILIH, supaya engke jagana pikeun HIRUP KA HAREUPNA, sangkan JEMBAR SUGIH-MUKTI bisana NGADEGNA DEUI nya NAGARA PAJAJARAN.
8. Tapi lain PAJAJARAN, PAJAJARAN nu kiwari, pasti PAJAJARAN ANYAR, ANYAR DIADEGKEUNANA, nu NGADEGNA digeuingkeun, pasti ku OBAHNA JAMAN."
9. Lajeng EYANG PRABU mitutur: "GEURA PARILIH KU DARIA, NGAING MO REK NGAHALANG-HALANG PIKEUN NGAING MAH, sababna HENTEU PANTES JADI RAJA mun SOMAH LAPAR BALANGSAK."
10. Dawuhan EYANG PRABU geura ieu darengekeun: "Nu tetep ngilu jeung ngaing marisah ka beulah KIDUL, nu hayang baralik deui ka dayeuh nu ditinggalkeun,
11. geura misah ka beulah KALER, ari nu rek kumawula ka nu keur jaya geura misah pindah ka beulah WETAN, nu mawa karep sorangan marisah ka beulah KULON.
12. Darengekeun ku daria, dia nu ti beulah WETAN masing nyaraho areling, kajayaan ngilu jeung dia turunan daria jagana bakal marentah ka dulur ka batur.
13. Tapi dia sing nyaraho ari inyana kamalinaan pasti aya babalesna, jig bae geura marisah, tuturkeun ka beulah WETAN, heug rasakeun BABALESNA.
14. Dia nu ti beulah kulon, papay ku dia lacakna ti lacak KI SANTANG, sabab, ENGKE TURUNAN DIA JADI PANGGEUING KA DULUR SARTA NGAGEUING KA BATUR,
15. ka batur urut salembur, ka dulur nu sauyunan, ka nu RANCAGE HATENA. Ke jaga mun tengah peuting ti GUNUNG HALIMUN aya sora TUTULUNGAN.
16. tah eta TANDANA PISAN SATURUNAN DIA DISAMBAT ku nu dek kawin ti lebak, kawin ti LEBAK CAWENE, ulah rek talangke deui sabab TALAGA BAKAL BEDAH.
17. Jung geura narindak, tapi ulah ngalieuk ka tukang. Daria anu marisah ka beulah KALER darengekeun: "DAYEUH ku dia bakal MOAL KASAMPAK WUJUDNA,
18. ukur TEGALAN BALADEUHAN, turunan dia lolobana bakalan jaradi SOMAH, mun aya nu jadi PANGKAT bakal LUHUR PANGKATNA ngan TEU BOGA KAKAWASAAN.
19. Ari inyana engke jagana bakal kaseundeuan batur, loba batur nu ti anggang, tapi batur nu sarusah jeung batur nu nyusahkeun, tah daria sing waspada sakabeh turunan dia.
20. SAKABEH TURUNAN DIA KU NGAING BAKAL DILANGLANG, NGALANGLANG DINA WAKTUNA DIMANA NGAING PERLU BAKAL DATANG DEUI NULUNGAN NU BARUTUH DITULUNGAN,
21. MANTUAN NU SARUSAH, ka nu HADE HATE LAKU LAMPAHNA, MOAL KADEULEU MUN NGAING DATANG, MOAL KADENGE MUN NYARITA, memang NGAING BAKAL DATANG KA NU RANCAGE HATENA,
22. NU GEUS WAWUH DISEMU DINA SEMU, NU SAESTU, NU NGARTI KANA WAWANGI SAJATI, NU LANTIP PIKIRNA, NU HADE LAKU LAMPAHNA.
23. MUN NGAING WAKTUNA DATANG TEU NYARITA, TEU NGARUPA, tapi CIRINA KU WAWANGI, mimiti POE IEU ieu pisan LEUNGIT DI ALAM HIRUP, LEUNGIT DAYEUH JEUNG NAGARA.
24. PAJAJARAN moal ninggalkeun TAPAK lian ti NGARAN pikeun MAPAY, sabab BUKTI NU KARI bakal rea NU MALUNGKIR, tatapi ENGKE JAGANA BAKAL AYA NO NYOBA-NYOBA,
25. supaya ANU LALEUNGIT SANGKAN BISA KAPANGGIH DEUI, pasti BISA KATIMU, mapay kudu jeung AMPARAN, tapi nu marapayna loba nu ARIEU AING PANG PINTERNA.
26. Ari nu kitu buktina ngan KUDU AREDAN HEULA, sabab BAKAL REA ENGKENA NU KATIMU, sabagian laju KABURU DILARANG ku nu disebut RAJA PANYELANG.
27. NU WANI TERUS NGOREHAN, teu ngahiding ka panglarang, NGOREHAN BARU NGALAWAN, NGALAWAN BARINA SEURI, nyaeta BUDAK ANGON, imahna DI BIRIT LEUWI,
28. pantona BATU SATANGTUNG, kahieuman ku HANDEULEUM, karimbunan ku HANJUANG. Ari nu DIANGONNA lain EMBE lain MUNDING lain BANTENG lain MAUNG,
29. tapi KALAKAY jeung TUTUNGGUL, inyana JONGJON NGOREHAN NGUMPULKEUN NU KATARIMU, DISUMPUTKEUN sabab LALAKON TACAN WAYAH, lamun GEUS WAYAH jeung MANGSA,
30. BARIS LOBA NU KABUKA, MARENTA DILALAKONKEUN, tapi KUDU NGALAMAN LOBA LALAKON, lilana saban JAMAN sarua jeung WAKTU NYUKMA NGUSUMAH reujeung NITISNA,
31. laju NITIS MINDAH SUKMA". Dawuhan eyang Prabu geura ieu darengekeun: "Nu kiwari ngamusuhan jadi RAJA nepi ka mangsa TANAH BUGEL CIBUNTAEUN,
32. dijieun kandang MUNDING DONGKOL. Tah di dinya SANAGARA bakalan jadi SAMPALAN, sampalan MUNDING BARULE, diangon ku JALMA JANGKUNG, tutunjuk di alun-alun.
33. Ti harita RAJA dibelenggu, MUNDING BULE nyekel bubuntut, TURUNAN URANG NARIK WULUKU ngan narikna teu kawasa sabab murah jaman seubeuh hakan. Ti dinya wuluku ditarik ku KUNYUK.
34. Lajuna TURUNAN URANG AYA NU LILIR, tapi LILIRNA JIGA NU HUDANG NGIMPI. Ti NU LEUNGIT tambah LOBA MANGGIHANANA, tapi LOBA NU PAHILI,
35. Nu lain kudu dibawa, TEU ARENGEUH TURUNAN URANG yen JAMAN GEUS GANTI LALAKON. Ti dinya GEGER SANAGARA, panto nutup digedoran ku NU NGANTEUR PAMUKA JALAN.
36. Tapi JALAN NU PASINGSAL. Nu TUTUNJUK nyumput jauh, alun-alun jadi suwung, MUNDING BULE kalabur, SAMPALAN diranjah KUNYUK, ngareunah seuri turunan urang,
37. tapi henteu anggeus seurina sabab warung beak ku KUNYUK, sawah ge beak ku KUNYUK, kebon ge beak ku KUNYUK, huma diacak-acak ku KUNYUK, cawene reuneuh ku KUNYUK.
38. Saniskara diranjah KUNYUK, turunan upama sieun ku KUNYUK, panarat ditarik ku KUNYUK bari diuk dina bubuntut, ARI WULUKU DITARIKNYA MASIH KU TURUNAN URANG.
39. Loba nu PAEH KALAPARAN. Ti dinya TURUNAN URANG NGAREP-NGAREP PELAK JAGONG, sabari NYANYAHOANAN maresek CATURRANGGA, teu arengeuh yen JAMAN ganti LALAKON.
40. Laju aya hawar-hawar ti tungtung SAGARA KALER, ngaguruh jeung ngageleger GARUDA MEGARKEUN ENDOGNA, GENJLONG SAAMPARAN JAGAT, di urang rame nu MANGPRING.
41. PRANGPRING SABULU-BULU GADING, kumpul KUNYUK ting rumpuyuk TURUNAN URANG NGARAMUK, ngaramuk TEU JEUNG ATURAN, loba nu paraeh pisan, NU PARAEH TANPA DOSA.
42. MUSUH dijarieun BATUR, BATUR dijarieun MUSUH, ngadadak lobana PANGKAT, MARENTAH SIGA NU EDAN, nu bingung tambah baringung, BUDAK SATEPAK JARADI BAPA.
43. Nu ngaramuk tambah rosa, ngaramuk teu pilih bulu, nu BARODAS dibuburak, nu HIDEUNG disieuh saheng buana urang ku sabab nu ngaramukna. Teu beda reujeung tawon du dipalengpeng sayangna, SANUSA DIJIEUN JAGAL, tapi kaburu disapih, nu nyapihna URANG SEBRANG, laju ngadegna deui RAJA
44. Asalna JALMA BIASA, memang TITISAN RAJA, TITISAN RAJA BAHEULA, biangna hiji PUTRI, PUTRI PULO DEWATA, da puguh TITISAN RAJA.
45. RAJA ANYAR hese apesna, hese apes ku rogahala. Ti harita GANTI DEUI JAMAN, GANTI JAMAN GANTI LALAKON, teu lila geus TEMBONG BULAN, tembongna bulan TI BEURANG,
46. disusul kalewat BENTANG, BENTANG CAANG NU NGAGENCLANG, di urut NAGARA URANG ngadeg deui KARAJAAN, RAJA JERO KARAJAAN, lain TEUREUH PAJAJARAN.
47. Laju aya deui RAJA, tapi RAJA BUTA, lawang teu meunang dibuka, panto teu meunang ditutup, PANCURAN di tengah jalan, ngingu HEULANG na CARINGIN.
48. Da puguh RAJANA BUTA, teu neuleu aya BUHAYA, reujeung AJAG, UCING GARONG, reujeung pirang-pirang KUNYUK NGOROWOTAN NU SARUSAH. Sakalina AYA NU NGAGEUING,
49. nu diporog LAIN SATONA, tapi JALMA NU NGELINGAN. Mingkin hareup mingkin hareup LOBA JALMA NU BARUTA, naritah NYEMBAH BERHALA, bubuntut SALAH NGATURNA.
50. NGATURNA SAKAMA-KAMA PANARAT, pabeulit dina cacadan, SALAH NGAWULUKUNA lain JALMA TUKANG TANI, karuhun TARATE hampa sawareh,
51. nya KAPAS hapa buahna, nya PARE acak-acakan, LOBA NU TEU ASUP KANA ASEUPAN, sabab bongan NU NGEBONNA LOLOBANA TUKANG BOHONG.
52. Nu TANI ngan wungkul JANGJI, loba nu PALINTERNA, pinterna KABALINGER. Hol datang BUDAK JANGGOTAN SAJAMANG HIDEUNG, datangna nyonyoren KANERON BUTUT.
53. NGAGEUING nu KEUR SASAR, NGELINGAN KANU PAROHO, tapi TEU PISAN DIWARO da KABELINGER PINTERNA, HARAYANG MEUNANG SORANGAN, TEU ELING KA NU NGELINGAN.
54. LANGIT geus BEUREUM SEMUNA HASEUP, NGEBULNA PIRUNAN, boro-boro REK NGAWARO, ku inyana DITAREWAK, arasup ka PANGBEROKAN, eta BARUDAK JANGGOTAN.
55. Laju inyana NGAWUT-NGAWUT PIRANG-PIRANG DAPUR BATUR, majarkeun NEANGAN MUSUH, padahal ari inyana NYIAR-NYIAR PIMUSUHEUN, urangna masing WASPADA,
56. sabab ENGKENA ari inyana BAKAL NYARAM PAJAJARAN, HENTEU BEUNANG DIDONGENGKEUNG, sabab ari inyana pisan SARIEUNEUN KANYAHOAN TEGESNA ari inyana pisan.
57. Anu jadi gara-gara SAGALA JADI DANGDARAT, BUTA nu BARUTA mangkin TAMBAH BEDEGONG, bedegong LEUWIH TI MISTI, ngaleuleuwihan MUNDING BULE.
58. Ari inyana TEU ARELING, yen HARITA TEH JAMAN NU GEUS KAASUP KANA JAMAN NYATA, JAMAN SATO pisan, meh kabeh JAMAN MANUSA ku SATO dikawasaanana.
59. Jarayana BUTA-BUTA teu sabaraha lilana, bongan KACIDA TEUING NYANGSARANA KA SOMAH-SOMAH, loba somah NGAREP-NGAREP CARINGIN REUNTAS di alun-alun.
60. BUTA bakal jaradi WADAL, tina PAMOLAHNA SORANGAN, pasti BUKTI NA MANGSANA, NYATA mun GEUS KATEMBONG BUDAK ANGON, wanci datangna MANGSA LOBA NU RIBUT.
61. Mimiti RIBUT DI DAPUR, ti dapur laju ALEMBUR, salembur jadi SANAGARA, nu BODO JADI GARELO, nu GARELUT dibantuan BUDAK BUNCIRENG kokolotna.
62. Nu matak GARELUT ROSA rosa pasti PAREBUT WARISAN, nu hawek HAYANG PANG LOBANA, nu teu hawek HAYANG LOBA, anu boga MARENTA TINA HAK BAGIANANA,
63. Ngan NU ARELING CICING, ngan ukur NGALALAJOANAN ngan sakadar KABARERANG. Nu garelut laju REUREUH, laju kakara arengeuh, TAYA NU MEUNANG BAGIAN,
64. sabab WARISAN KABEH PEREN, BEAKNA KU NU NYAREKEL, ku nu NYAREKEL GADEAN. BUTA-BUTA nyarusup, NU GELUT JADI KAREUEUNG ditempuhkeun LEUNGITNA NAGARA.
65. Laju NEANGAN BUDAK ANGON, nu saungna DI BIRIT LEUWI, dihateup ku HANDEULEUM, pantona BATU SATANGTUNG, ditihangan HANJUANG, BUDAK ANGONna GEUS EUWEUH.
66. Ari inyana dek MENTA TUMBAL nya ka BUDAK ANGON tea, geus narindak babarengan jeung BUDAK JANGGOTAN mariang PINDAH BABAKAN, pindah ka LEBAK CAWENE.
67. Nu kasampak kari GAGAK, nyata GAGAKNA keur NGELAK, dina TUTUNGGUL". Eyang Prabu pok ngadawuh: "Geura ieu darengekeun, JAMAN BAKAL GANTI DEUI,"
68. "Nyaeta GANTINA JAMAN, tapi engke mun kasaksi GUNUNG GEDE ENGGEUS BITU, disusul ku TUJUH GUNUNG, genjlong deui SAJAGAT, URANG SUNDA DISARAMBAT.
69. Pasti kanyataanana PUTRA SUNDA NGAHAMPURA, HADE DEUI SAKABEHNA, NAGARA NGAHIJI DEUI, NUSA JADI DEUI, sabab NGADEG RATU ADIL.
70. RATU ADIL NU SAJATI, Cing SAHA ETA WUJUDNA, jeung TI MANA ASALNA ETA RATU ADIL, engke dia nyaraho, KIWARI SIAR BAE ku daria BUDAK ANGON ANU TANGTU.
71. Tah sakitu kami WAWANGSIT ka daria sakabeh, eta WANGSIT KUDU PUHIT, kiwari GEURA NARINDAK, ULAH NGALIEUK KA TUKANG BISI AYA BALUKARNA."

Terjemahan secara bebas:

1. Saya meminta maaf kepada semua keluarga (saudara-saudara), khususnya para karuhun (leluhur), minta maaf kepada para dewata, kepada para sangiang, kepada dangiang, kepada LELUHUR GALUH PAKUAN,
2. putra-putri PAJAJARAN dari mulai GALUH PAKUAN sampai kepada saat (waktu) ini yang disebut PUTRA SUNDA, harap dijaga, diperiksa, dikunjungi (diperhatikan) secara diam-diam sekehendak hati.
3. dari saya dan kawan-kawan hanya sekedar mewakili, sebagai wakil penyambung ucapan (perkataan) menyampaikan nasihatnya dari eyang PRABU SILIWANGI sebelum menghiyang (menghilang/meninggal).
4. Silakan dengarkanlah, perhatikan sampai mengerti UGA WANGSIT SILIWANGI (ucapan ilhami Siliwangi) supaya menjadi pemberi ingat (mengingatkan) kepada semua putra-putri mendapat keselamatan.
5. Kata EYANG PRABU kepada rakyat (pasukan) PAJAJARAN yang sudah mengundurkan diri sebelum "ngahiyang" (menghilang/meninggal): "Kisah kita semua hanya sampai hari ini saja "ugana" (perjalanan sejarahnya yang telah ditakdirkan).
6. Walau pun kalian semua berlaku setiap kepadaku akan tetapi aku tidak boleh membawa kalian ikut-serta mengalami hidup susah, berpakaian compang-camping dan kelaparan.
7. Kalian harus memilih supaya nanti di masa depan untuk kehidupan ke depannya, supaya "jembar sugih-mukti" (meraih kejayaan dan tidak kekurangan sesuatu apapun) DALAM RANGKA BERDIRINYA KEMBALI NEGARA PAJAJARAN.
8. Akan tetapi bukan PAJAJARAN, PAJAJARAN yang sekarang, pasti PAJAJARAN YANG BARU, BARU DIDIRIKANNYA, yang BERDIRINYA pasti diperingatkan oleh BERUBAHNYA JAMAN."
9. Selanjutnya EYANG PRABU berkata: "Hendaknya kalian secepatnya menentukan pilihan, sebab bagiku aku tidak akan menghalang-halangi, sebabnya TIDAK PANTAS MENJADI RAJA kalau RAKYAT MENDERITA KELAPARAN dan MENGALAMI KESUSAHAN HIDUP."
10. Perkataan EYANG PRABU coba dengarkanlah ini: "Yang tetap ikut denganku [hendaknya] memisahkan diri ke sebelah SELATAN; yang mau kembali lagi ke kota yang ditinggalkan,
11. segera memisahkan diri ke sebelah UTARA; bagi yang akan mengabdi kepada yang sedang jaya segera memisahkan diri pindah ke sebelah TIMUR, yang mengikuti keinginannya sendiri hendaknya memisahkan diri ke sebelah BARAT.
12. Dengarkanlah oleh kalian, dia (mereka) yang dari sebelah TIMUR harus mengetahui dan ingat [bahwa] kejayaan ikut dengan mereka, keturunan mereka kelak akan memerintah atas saudara-saudara dan atas orang lain.
13. Tetapi dia (mereka) harus mengetahui bahwa sebenarnya jika melampaui batas pasti bakal ada pembalasannya, silakan segera saling berpisah, ikuti ke sebelah timur, dan rasakanlah pembalasannya.
14. Dia yang dari sebelah BARAT hendaknya cari [dan selidiki] olehnya dari lacak [jejak perjalanan] Ki SANTANG, sebab nanti keturunannya akan menjadi pemberi ingat kepada saudara dan pemberi ingat kepada orang lain,
15. kepada orang lain yang pernah se sekampung (sedaerah), kepada saudara yang seia-sekata, kepada yang "rancage" cage" (gesit/kreatif/trampil) hatinya. Kelak nanti kalau tengah malam dari gunung HALIMUN ada suara minta tolong,
16. nah, itulah tandanya seketurunan dia "disambat" (dimohon untuk memberi bantuan/pertolongan) oleh orang yang akan menikah di "lebak cawene" (lembah perawan), jangan hendaknya bersikap lambat (ogah-ogahan) lagi, sebab danau bakal rebah/jebol).
17. Segeralah kalian berangkat akan tetapi jangan menegok (berpaling) ke belakang. Kalian yang memisahkan diri ke sebelah UTARA dengarkanlah: "KOTA olehnya (oleh mereka) tidak akan kelihatan lagi wujudnya,
18. hanyalah berupa sebuah tegalan yang tidak lagi terurus, keturunan mereka akan menjadi rakyat, kalau pun ada yang memiliki pangkat (jabatan) bakal tinggi pangkatnya (jabatannya) akan tetapi tidak memiliki kekuasaan.
19. Diri mereka nanti di masa depan bakal banyak didatangi/kedatangan yang yang memerlukan bantuannya, banyak "batur" (teman), banyak teman dari yang jauh, akan tetapi teman yang mengalami berbagai kesusahan dan teman yang menyusahkan, nah kalian dan semua keturunan kalian harus waspada.
20. Semua keturunan mereka akan "dilanglang" (dikunjungi secara diam-diam) olehku, mengunjungi pada waktunya dimana aku perlu bakal datang lagi memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan pertolongan,
21. memberi pertolongan kepada yang mengalami kesusahan, kepada yang baik perilaku kehidupannya; tidak akan kelihatan kalau aku datang, tidak akan terdengar kalau aku berkata-kata, memang aku bakal datang kepada mereka yang "rancage" (gesit/trampil/cekatan) hatinya,
22. kepada yang sudah "wawuh disemua dina semu" (mengenal roman muka/keadaan alam/zaman), yang sebenarnya, yang mengerti "wawangi sajati" (keharuman/kebenaran yang sejati), yang pikirannya suci dan cerdas, yang baik peri laku kehidupannya,
23. Kalau pada waktunya aku datang tidak berkata-kata, tidak memperlihatkan rupa (wujud), akan tetapi tandanya oleh "wawangi" (keharuman/kebenaran hakiki), mulai dari hari ini juga hilang lenyap di alam kehidupan, hilang lenyap kota dan negara.
24. PAJAJARAN tidak akan meninggalkan bekas kecuali NAMA untuk keperluan penelusuran, sebab bukti yang tersisa bakal banyak yang mengingkari, akan tetapi kelak di kemudian hari bakal ada yang mencoba-coba,
25. supaya yang pada menghilang dapat bertemu (diketemukan) lagi, pasti bisa ditemukan (bertemu), menelusuri harus dengan "amparan" (landasan/cara-cara yang hakiki), akan tetapi yang melakukan penelusuran (penyelidikan) banyak yang merasa diri yang paling pandai.
26. Kalau yang demikian (seperti) itu keadaannya (kenyatannya) harus terlebih dulu menjadi gila, sebab nantinya bakal banyak yang diketemukan (bertemu). Sebagian keburu dilarang oleh yang disebut RAJA PANYELANG.
27. Yang berani terus "ngorehan" (melakukan penelitian), tidak menghiraukan kepada adanya larangan, melakukan penelitian sambil melawan, melawan sambil tertawa, yaitu yang disebut BUDAK ANGON (ANAK GEMBALA), rumahnya "di birit leuwi" (di belakang/pinggir palung/lubuk sungai).
28. Pintunya batu "satangtung" (sebuah batu), "kahieuman" (dipenuhi (tertutup) oleh "handeuleum", dirimbuni oleh "hanjuang". Yang digembalakannya bukan kambing bukan kerbau bukan harimau,
29 melainkan "kalakay" (ranting/daun-daun kering) dan "tutungul" (pokok batang pohon), dia tekun melakukan penelitian/pencarian) mengumpulkan apa pun yang diketemukannya, disembunyikan sebab "lalalon" (babak sejarah) belum waktunya, kalau sudah waktu dan "mangsa" (zaman/waktu),
30. bakal banyak yang terbuka, meminta digelarkan ceritanya, akan tetapi [terlebih dulu] harus banyak mengalami banyak "lalakon" (cerita/kisah kehidupan), lamanya setiap jaman sama dengan waktu "nyukma ngusumah jeung nitisna" (melepaskan sukma/jiwa yang menitisnya),
(31) laju nitis mindah sukma". Perkataan eyang Prabu coba dengarkan selanjutnya: "Yang sekarang memusuhi menjadi RAJA sampai kepada waktu "tanah bugel cibuntaeun" (wilayah yang memiliki nuansa/perbawa mistis),
32. dijadikan kandang "munding dongkol" (kerbau yang tanduknya melengkung ke bawah). Nah di sana (di masa itu) seluruh negara bakal menjadi "sampalan" (tempat penggembalaan), "sampalan (tempat penggembalaan) kerbau bule (albino), digembalakan oleh ORANG BERPERAWAKAN TINGGI, memberi berbagai perintah di "alun-alun" (lapangan di tengah kota).
33. Dari sejak saat itu raja di belenggu, KERBAU BULE (albino) memegang "bubuntut" (kendali bajak), keturunan kita menarik bajak hanya saja menariknya tidak berkuasa sebab "murah jaman seubeuh hakan" (serba dicukupi/dininabobokan). Setelah itu alat bajak ditarik oleh KERA.
34. Lajuna (kemudian) keturunan kita kita dan yang mendusin, akan tetapi mendusinnya seperti yang bangun dari mimpi. dari yang hilang bertambah banyak menemukannya, akan tetapi banyak yang tertukar.
35. Yang bukan seharusnya dibawa keturunan kita tidak mengetahui bahwa jaman sudah berganti cerita. Setelah itu seluruh negara menjadi gempar, pintu yang tertutup "digedoran" (dipaksa supaya dibuka)) oleh yang mengantar pembuka jalan,
36. akan tetapi jalan yang "pasingsal" (tidak teratur/berantakan). Yang "tutunjuk" (memberi perintah) bersembunyi jauh, lapangan menjadi sunyi dan mencekam, kerbau bule (albino) melarikan diri, sampalan (padang gembalaan)) diserbu KERA, keturunan kita enak tertawa.
37. tetapi tertawanya tidak sampai selesai sebab warung habis [diseru] oleh KERA, sawah juga habis oleh KERA, kebun juga habis oleh KERA, "huma" ladang diobak-abraik oleh KERA, cawene (anak gadis) dihamili oleh KERA.
(38) Segala sesuatu diserbu oleh KERA, keturunan "upama" (.............) takut oleh KERA, "panarat" (...................) ditarik oleh KERA sambil duduk pada "bubuntut" (kemudi bajak), tetapi bajak ditariknya masih oleh keturunan kita.
39. Banyak yang mati kelaparan. Dari sana (setelah itu) keturunan kita mengharapkan tanaman jagung sambil "sok tahu" membuka "caturrangga" (cerita legenda kuno), mereka tidak mengetahui bahwa jaman sudah berganti cerita.
40. Laju (kemudian) terdengar sayup-sayup di ujung LAUTAN SEBELAH UTARA "ngaguruh jeung ngageleger" (bersuara menderum keras dan menggelegar) BURUNG GARUDA MENETASKAN TELURNYA, gempar seluruh dunia, di [kawasan] kita ramai yang "mangpring" (mengamuk/melawan penjajah).
41. Prang-pring sabulu-bulu gading (mengamuk/melawan penjajah), kumpulan KERA berjatuhan lemas, keturunan kita semuanya mengamuk, mengamuk tidak dengan aturan, sehingga banyak yang mati, yang mati tanpa dosa.
42. Musuh dijadikan teman, teman dijadikan musuh, mendadak banyak pangkat (jabatan), memerintah seperti orang gila, yang bingung menjadi semakin bingung, "budak satepak jaradi bapa" (anak masih ingusan menjadi bapak/penguasa) .
43. Yang mengamuk bertambah hebat, mengamuk dengan tanpa pilih bulu, "nu barodas" (orang-orang yang putih/benar) diusir-usir, yang hitam (tidak benar/jahat) "disieuh saheng buasa urang" (diusir), sebab yang mengamuknya,
44. tidak berbeda dengan tawon yang sarangnya dilempar, senusa (tanah air) dijadikan jagal (tempat pembantaian), tetapi keburu dilerai, yang melerainya bangsa seberang (asing), kemudian berdirinya lagi RAJA.
45. Asalnya orang biasa, tetapi memang keturunan RAJA, keturunan RAJA dahulu kala, ibunya seorang PUTRI, PUTRI PULAU DEWATA, karena memang KETURUNAN RAJA,
46. RAJA BARU sulit mengalami apes (nasib malang), sukar mengalami nasib malang oleh usaha pembunuhan. Dari sejak itu berganti lagi jaman, berganti jaman berganti cerita, tidak lama waktunya sudah kelihatan bulan, kelihatan bulan di siang hari,
47. disusul "kalewat bentang" (munculnya bintang), terang bintang yang berbinar, di bekas KERAJAAN kita berdiri lagi KERAJAAN, RAJA dalam KERAJAAN, bukan KETURUNAN PAJAJARAN.
48. Lalu (kemudian) ada lagi RAJA, tapi RAJA BUTA (RAKSASA), pintu tidak boleh dibuka, jendela tidak boleh ditutup, pancuran di tengah jalan, memelihara elang di atas pohon beringin.
49. Karena memang RAJANYA RAKSASA, tidak melihat ada buaya dan serigala, kucing hutan dan macam-macam kera yang mengerogoti orang-orang yang hidup susah. Sekalinya ada yang memberi peringatan,
50. Yang ditangkap bukan binatangnya melainkan orang yang memperingatkannya. Semakin ke depan semakin ke depan banyak orang yang menjadi RAKSASA (rakus), menyuruh menyembah berhala, kemudian banyak salah mengaturnya.
51. mengaturnya sekehendak hati "panarat" (bajak) "pabeulit jeung cacadan" (memasang alat tidak pada tempatnya), salah membajaknya bukan oleh orang yang biasa bertani (petani), "karuhun" (leluhur) teratai hampa sebagian.
52. begitu juga kapas hamba buahnya, begitu juga padi acak-acakan, banyak yang tidak masuk, tidak masuk ke dalam tempat mengukus, disebabkan karena kebanyakan orang-orang yang suka berdusta.
53. Yang bertani hanya sekedar janji, banyak orang yang pinter (pandai), [tetapi] pinter keblinger. Lalu datang BUDAK ANGON (Anak Gembala) "sajamang hideung" (berbaju hitam), datangnya sambil menyelendangkan "kaneron butut" (kantong anyaman jelek).
54. Memberitahu (memperingatkan) yang sedang tersesat, mengingatkan mereka yang lupa, akan tetapi tidak digubris, karena keblinger pinternya, mereka ingin memang sendiri, tidak ingat (tidak percaya) kepada yang memberi ingat.
55. Langit sudah merah merona (berwarna), bertasapnya nyala api, jangankan mau mentaati bahkan olehnya ditangkap, masuk ke dalam penjara, "Anak Kecil Berjanggut".
56. Kemudian dia memporak-porandakan banyak dapur milik orang lain, dengan dalih mencari musuh, padahal dia mencari-cari calon musuh, kita harus waspada,
57. sebab nantinya dia bakal melarang [berdirinya] PAJAJARAN, tdak boleh dikemukakan ceritanya, sebab dia itu takut ketahuan, tegasnya kalau yang sebenar-benarnya.
58. Yang menjadi gara-gara segala jadi "dangdarat" (tanggung/gagal/susah) , RAKSASA yang "baruta" (rakus) semakin "bedegong" (tegar tengkuk/degil), degil secara berlebihan, melebihi KERBAU BULE.
59. Dia sebenarnya tidak sadar bahwa pada waktu itu JAMAN yang sudah masuk ke dalam JAMAN NYATA, benar-benar [merupakan] JAMAN BINATANG (kebinatangan), hampir semua JAMAN MANUSIA dikuasai oleh BINATANG (kebinatangan).
60. Berjayanya RAKSASA tidak seberapa lamanya, sebabnya adalah keterlaluan menyengsarakan rakyat banyak, banyak rakyat menunggu-nunggu (mengharap-harapkan) pohon beringin yang ada di tanah lapang tumbang.
61. Para RAKSASA bakal menjadi wadal (tumbal) oleh karena ulah sendiri, pasti terbukti pada waktunya akan nyata kalau sudah terlihat "BUDAK ANGON" (Anak Gembala), saat datangnya waktu (zaman) banyak yang ribut (bertengkar).
62. Mula-mula bertengkar di dapur, dari dapur menjadi sekampung, dari sekampung menjadi senegara, yang bodoh menjadi gila, mereka yang berkelahi dibantu "budak buncireng kolotnya" (anak kecil yang perutna buncit).
63. Yang menjadi alasan berkelahi begitu hebatnya pasti rebutan WARISAN, yang rakus ingin yang paling banyak. Yang tidak rakus [juga] ingin banyak, yang tidak punya meminta bagian dari haknya.
64. Hanya saja mereka yang "areling" (sadar akan diri) diam, hanya menonton, hanya sekedar "kabarerang" (kena percikan). Yang berkelahi kemudian semakin reda, kemudian mereka mengetahui (menyadari), tidak ada yang memperoleh bagian [apa pun].
65. sebab WARISAN semuanya habis, habis oleh yang memegang "gadean" (barang jaminan), Para RAKSASA "nyarusup" (menyelinap masuk), yang berkelahi menjadi takut "katempuhan" (didakwa) hilangnya NEGARA.
66. Kemudian mereka mencari BUDAK ANGON (anak gembala), yang gubuknya di "birit leuwi" (di pinggir lubuk/palung sungai), "dihateup ku handeuleum" (bagian atas gubuknya ditutup oleh handeuleum), "pantona batu satangtung" (pintunya sebuah batu), bertiangkan batang/pohon hanjuang tetapi anak gembalanya sudah tidak ada.
67. Ada pun tujuannya hendak meminta "tumbal" (obat/sarana penyembuh) kepada anak gembala) tersebut, tetapi ia sudah berangkat bersama-sama dengan "budak janggotan" (anak/remaja berjanggut) pergi berpindah tempat, pindah ke "lebak cawene" (lembah perawan).
68. Yang ditemukan hanya burung gagak yang sedang berbunyi terus menerus di atas tunggul pohon. Eyang Prabu [Siliwangi] selanjutnya berkata: "Dengarkanlah ini oleh kalian, JAMAN AKAN BERUBAH LAGI,"
69. Yaitu BERGANTINYA JAMAN, tetapi nanti kalau menyaksikan GUNUNG GEDE telah meletus, disusul oleh TUJUH GUNUNG, gempar seantero dunia, ORANG SUNDA bakal "disarambat" (diharapkan kedatangannya dan peran-sertanya).
70. Pasti kenyataan PUTRA SUNDA bakal memaafkan, baik lagi semuanya, NEGARA bersatu lagi, NUSA (tanah air) berwujud lagi, sebab tampil berdiri RATU ADIL.
71. RATU ADIL YANG SEJATI. Coba, SIAPAKAH WUJUDNYA? Dan DARI MANA ASALNYA RATU [ADIL] itu? Nanti kalian bakal mengetahui, sekarang cari (selidiki) saja oleh kalian ANAK GEMBALA yang sudah pasti [kebenarannya].
72. Nah, sekian saja saya menyampaikan WANGSIT (amanat/pesan) kepada kalian semua, WANGSIT tersebut harus ditelaah, sekarang segera bertindak, jangan menengok ke belakang supaya jangan sampai timbul mudharat.


(Bersambung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar