Sabtu, 29 Agustus 2009

Uga Wangsit Prabu Siliwangi tentang "Nagara Pajajaran Anyar"



HAKIKAT "MESIANISME" (KE-ALMASIH-AN) DALAM AL-QURAN &
MAKNA "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" DAN "URANG SUNDA" DALAM
UGA WANGSIT PRABU SILIWANGI
BAB III

Oleh

Ki Langlang Buana Kusuma   

Uga Wangsit Prabu Siliwangi tentang
"Nagara Pajajaran Anyar"

Sehubungan dengan Rasul Allah yang kedatangannya sangat ditunggu-tunggu oleh semua umat beragama – dengan nama yang satu sama lain berbeda – sebagaimana dikemukakan dalam Pengantar, ternyata di kalangan berbagai suku di Indonesia pun terdapat kepercayaan yang sama mengenai "wujud suci" yang kedatangannya sangat dinanti-nantikan tersebut, dengan sebutan yang berlain-lainan juga. Misalnya di kalangan suku Jawa mempercayai akan datangnya Ratu Adil -- Sultan Herucokro atau mempercayai mengenai akan munculnya "Satria Piningit", di kalangan suku Sunda mempercayai tentang kedatangan Ratu Adil -- Imam Mahdi a.s., yang mereka percayai akan membuat kehidupan umat manusia menjadi aman tentram serta sejahtera, atau dengan kata lain akan tercipta "bumi baru dan langit baru " (Qs.14:48-53) atau "Yerusalem baru yang turun dari surga" (Bible - Wahyu 21:1-4).
Bahkan di kalangan suku Sunda di Jawa Barat (Pasundan), bukan saja mempercayai kedatangan Ratu Adil -- Imam Mahdi a.s. saja, tetapi juga mereka pun mempercayai akan bangkitnya kembali "Nagara Pajajaran" yaitu "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" (Negara Pajajaran Baru), sebagaimana yang tercantum dalam Uga Wangsit Prabu Siliwangi.
Berikut adalah salah satu bagian dari wangsit Prabu Siliwangi tentang akan berdirinya "NAGARA PAJAJARAN ANYAR" (NEGARA PAJAJARAN BARU) dan tentang kedatangan RATU ADIL:
5. Saur eyang Prabu pokna ka sadaya balad Pajajaran anu parantos malundur, satueuacanna ngahiyang:"Lalakon orang teh ngan nepi ka poe ieu pisan ugana.
6. Sanajan dia kabehan ka ngaing pada satia, tapi ngaing hanteu meunang mawa dia pipilueun ngilu hirup balangsak, ngilu rudin bari lapar.
7. Daria kudu marilih, supaya engke jagana pikeun hirup ka hareupna, sangkan jembar sugih-mukti bisana ngadegna deui nya nagara Pajajaran.
8. Tapi lain Pajajaran, Pajajaran nu kiwari, pasti PAJAJARAN ANYAR, anyar diadegkeunana, nu ngadegna digeuingkeun, pasti ku obahna jaman."
..........................................................................
65. Laju neangan BUDAK ANGON, nu saungna di birit leuwi, dihateup ku handeuleum, pantona batu satangtung, ditihangan ku hanjuang, budak angonna geus euweuh.
66. Ari inyana dek menta tumbal nya ka BUDAK ANGON tea, geus narindak babarengan jeung budak janggotan mariang pindah babakan, pindah ka lebak cawene.
67. Nu kasampak kari gagak, nyata gagakna keur ngelak, ngelakna dina tutunggul. eyang Prabu pok ngadawuh: "Geura ieu darengekeun, jaman bakal ganti deui,"
68. "nyaeta gantina jaman, tapi engke mun kasaksi gunung Gede enggeus bitu, disusul ku tujuh gunung, genjlong deui sajagat, URANG SUNDA disarambat.
69. Pasti kanyataanana PUTRA SUNDA ngahampura, hade deui sakabehna, Nagara ngahiji deui, nusa jadi deui, sabab ngadeg RATU ADIL.
70. RATU ADIL nu sajati. cing saha eta wujudna, jeung ti mana asalnya eta RATU ADIL, engke dia nyaraho, kiwari siar bae ku daria BUDAK ANGON anu tangtu.
71. Tah sakitu kami wawangsit ka daria sakabeh, eta wangsit kudu puhit, kiwari geura narindak, ulah ngalieuk ka tukang, bisi aya balukarna."

Terjemahannya secara bebas:

5. Kata eyang Prabu kepada rakyat (pasukan) Pajajaran yang sudah mengundurkan diri sebelum "ngahiyang" (menghilang/meninggal): "Kisah kita semua hanya sampai hari ini saja "ugana" (perjalanan sejarahnya yang telah ditakdirkan).
6. Walau pun kalian semua berlaku setiap kepadaku akan tetapi aku tidak boleh membawa kalian ikut-serta mengalami hidup susah, berpakaian compang-camping dan kelaparan.
7. Kalian harus memilih supaya nanti di masa depan untuk kehidupan ke depannya, supaya "jembar sugih-mukti" (meraih kejayaan dan tidak kekurangan sesuatu apapun) dalam rangka berdirinya kembali negara Pajajaran.
8. Akan tetapi bukan Pajajaran, Pajajaran yang sekarang, pasti Pajajaran yang baru, baru didirikannya, yang berdirinya diperingatkan pasti oleh berubahnya jaman."
..........................................................................................................
66. Kemudian mereka mencari BUDAK ANGON (anak gembala), yang gubuknya di "birit leuwi" (di pinggir lubuk/palung sungai), "dihateup ku handeuleum" (bagian atas gubuknya ditutup oleh handeuleum), "pantona batu satangtung" (pintunya berupa batu), bertiangkan pohon hanjuang tetapi anak gembalanya sudah tidak ada.
67. Ada pun tujuannya hendak meminta "tumbal" (obat/sarana penyembuh) kepada anak gembala) tersebut, tetapi ia sudah berangkat bersama-sama dengan "budak janggotan" (anak/remaja berjanggut) pergi berpindah tempat, pindah ke "lebak cawene" (lembah perawan).
68. Yang ditemukan hanya burung gagak yang sedang berbunyi terus menerus di atas tunggul pohon. Eyang Prabu [Siliwangi] selanjutnya berkata: "Dengarkanlah ini oleh kalian, jaman akan berubah lagi,"
69. Yaitu bergantinya jaman, tetapi nanti kalau menyaksikan gunung Gede telah meletus, disusul oleh tujuh gunung, gempar seantero dunia, ORANG SUNDA bakal "disarambat" (diharapkan kedatangannya dan peran-sertanya).
70. Pasti kenyataan PUTRA SUNDA bakal memaafkan, baik lagi semuanya, NEGARA bersatu lagi, NUSA (tanah air) berwujud lagi, sebab tampil berdiri RATU ADIL.
71. RATU ADIL YANG SEJATI. Coba, siapakah wujudnya? Dan dari mana asalnya RATU [ADIL] itu? Nanti kalian bakal mengetahui, sekarang cari (selidiki) saja oleh kalian ANAK GEMBALA yang sudah pasti [kebenarannya].
72. Nah, sekian saja saya menyampaikan wangsit (amanat/pesan) kepada kalian semua, wangsit tersebut harus ditelaah, sekarang segera bertindak, jangan menengok ke belakang supaya jangan sampai timbul mudharat."

Ada pun mengenai makna-makna dari Uga Wangsit Prabu Siliwangi tersebut dibahas dalam Bab XV tentang Tafsir Uga Wangsit Prabu Siliwangi.

(Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar